Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) mengoptimalkan peran Badan Kerja Sama Antar Umat Agama (BKSAUA) dalam menjaga kerukunan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Kanwil Kemenag Sulut, H Sarbin Sehe melalui Kepala Biro AUAK IAIN Palopo H Anwar Abubakar, di Manado, Rabu, mengatakan pentingnya mengoptimalkan peran, tugas dan fungsi BKSAUA untuk menjaga dan melestarikan kerukunan di daerah ini.

"Menjaga kerukunan antar umat beragama sudah menjadi budaya di Sulut yang harus dilestarikan," kata Abubakar, dalam Musda BKSAUA, di Manado.

Musda BKSAUA mendapat beberapa rekomendasi seperti membuat MoU dan SOP antara lembaga/ormas keagamaan untuk mencegah, menangani dan memulihkan konflik keagamaan serta menjaga dan melestarikan kerukunan di Provinsi Sulawesi Utara.

Ia mengatakan bentuk-bentuk kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh organisasi ini telah ikut serta membangun dan menjaga citra kerja sama dan kerukunan umat beragama di daerah ini.

Di menjelaskan sebagai lembaga keagamaan yang kepengurusan berasal dari perwakilan lima agama yang diakui oleh pemerintah, organisasi ini dibentuk pula di tiap-tiap wilayah dari tingkat propinsi sampai pada tingkat desa.

Tujuannya adalah untuk mewujudkan sebuah masyarakat yang aman, rukun dan damai.

Peran BKSAUA adalah untuk menyatukan berbagai macam komunitas umat beragama di Manado yang berasal dari agama yang berbeda-beda yang didasari oleh kesadaran tentang pentingnya menjaga prinsip kebersamaan.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024