Manado (ANTARA) - Pemerintah membutuhkan dukungan masyarakat dalam melakukan efisiensi pengolahan sampah, di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

"Saya butuh kerja sama yang baik dari seluruh masyarakat Kita Manado, untuk menangani masalah sampah ini," kata Wali Kota Manado Andrei Angouw di Manado, Selasa.

Dia mengatakan pengelolaan sampah sangat penting dilakukan dari pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, mendaur ulang dari material sampah.

Hal ini, katanya, dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan, atau estetika.

Andrei menjelaskan pengolahan sampah merupakan bagian dari penanganan sampah dan menurut UU no 18 Tahun 2008 didefinisikan sebagai proses perubahan bentuk sampah dengan mengubah karakteristik, komposisi, dan jumlah sampah.

Pengolahan sampah, katanya, merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mengurangi jumlah sampah, disamping memanfaatkan nilai yang masih terkandung dalam sampah itu sendiri yakni bahan daur ulang, produk lain, dan energi.

Ia mengatakan pengolahan sampah dapat dilakukan berupa pengomposan, recycling/daur ulang, pembakaran (insinersi), dan masih banyak lagi.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan, apalagi sampah plastik di sungai maupun tempat umum lainnya," katanya.

Dia mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, karena untuk kesehatan.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024