Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara memfasilitasi Stasiun Peralihan Antara (SPA) guna mengumpulkan sampah rumah tangga di daerah itu.

"Lokasi SPA ini di Kelurahan Ranomuut dan secara rutin kami kunjungi, dan melihat apakah lokasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," kata Wali Kota Manado Andrei Angouw di Manado, Jumat.

Dia mengatakan sistem SPA dibuat Pemerintah Kota Manado sebagai lokasi sementara ketika berbagai motor sampah membawa sampah rumah tangga dari setiap lingkungan diangkut oleh truk sampah dan selanjutnya dibawa ke TPA Sumompo.

SPA ini, katanya, sifatnya tempat pengumpulan sampah sementara, sekaligus untuk mengoordinasikan sampah-sampah di setiap lingkungan yang siap diangkut oleh truk sampah yang telah menunggu di lokasi SPA.

Di SPA Ranomuut, ia didampingi Camat Paal Dua, lurah, dan ketua lingkungan setempat melihat pelaksanaan sistem SPA.

Peninjauan lapangan itu bagian dari evaluasi untuk selanjutnya dianalisa dalam pembuatan program dan kebijakan ke depan.

Ia mengatakan adanya SPA ini sehubungan dengan sistem pengendalian persampahan di Kota Manado dalam kaitan dengan penataan daerah setempat yang bersih, apik, dan estetik ke depan.

Ia juga mengunjungi Kelurahan Banjer untuk melihat embung penampung air hujan. Embung sedang dilakukan perbaikan, pengerukan, dan penataan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulut.

 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024