Manado (ANTARA) - Perbankan swasta yakni PT Bank Central Asia Tbk (BCA) membantu dan mendukung pemerintah untuk membiayai pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Kami terus mendorong UMKM untuk mendapatkan kemudahan akses pembiayaan dan mendukung tumbuh kembang UMKM menjadi penopang ekonomi nasional," kata Kepala KCU Manado Liau Jung Nyap usai kegiatan KUR Festival dan UMKM, di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat.

Dia menjelaskan BCA menegaskan komitmen untuk terus mendukung program pemerintah di sektor UMKM dengan menyalurkan KUR kepada UMKM baik usaha retail dan rumah makan serta sektor usaha produktif lainnya.

“Dukungan BCA terhadap sektor UMKM terus digenjot demi membantu industri tetap berjalan di tengah proses Pemulihan Ekonomi Nasional," katanya.

Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyeimbangkan kembali roda perekonomian Indonesia.

"Pagelaran acara ini menjadi sebuah momen baik bagi kita semua dalam mengembangkan dan membangun ketahanan UMKM di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang semakin membaik pasca pandemi,” ujar Liau.

Kegiatan ini diikuti oleh 1 mitra UMKM BCA yang mengisi booth event dan ada sesi sosialisasi dan konsultasi mengenai program KUR BCA kepada UMKM potensial maupun masyarakat secara umum melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BCA.

Selain itu, BCA juga turut menghadirkan 1 debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan plafon kredit senilai Rp200 juta dengan bentuk usaha perdagangan eceran.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membantu pengusaha UMKM di Indonesia kembali bangkit di tengah pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi COVID-19," katanya.

"Kami berharap keberadaan kegiatan KUR Festival dan UMKM di kota Manado ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh UMKM serta meningkatkan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM,” kata Liau.

Ia mengatakan hingga Agustus 2022, total penyaluran KUR BCA tercatat mencapai Rp419 Miliar, meningkat 225 persen secara tahunan (YoY) dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, bunga KUR BCA saat ini enam persen dengan per tahun maksimal lima tahun. Selain itu, juga ada penawaran menarik lainnya dari program KUR BCA yakni bebas biaya admin dan provisi.

Hadir dalam acara ini Deputi Bidang Koordinasi Makro dan Keuangan selaku Sekretaris Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM Iskandar Simorangkir, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, dan Kepala KCU Manado Liau Jung Nyap.

Pagelaran tersebut dimeriahkan oleh berbagai pameran produk UMKM lokal dari berbagai pengrajin UMKM di kota Manado.


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024