Manado (ANTARA) - Pemerintah melakukan penanaman ribuan pohon mangrove guna meminimalisir dampak polusi udara, di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami sangat mengapresiasi pihak swasta bekerja sama dengan pemerintah dalam melestarikan lingkungan," kata Wali Kota Manado Andrei Angouw, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan penanaman 5.000 bibit pohon mangrove di hutan Bahowo, Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken.

Penanaman mangrove ini diprakarsai oleh PT United Tractors Tbk Cabang Manado bekerjasama dengan Kelompok Tunas Baru Manengkel Solidaritas.

"Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya meminimalkan dampak polusi udara dan sebagai Lumbung Karbon," kata Andei.

Walikota berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan khususnya penanaman mangrove untuk kepentingan lingkungan juga demi pariwisata.

GM United Tractors Tbk Cabang Manado Tjadra Kosasih program penanaman mangrove ini yang juga merupakan bagian dari pelaksanaan CSR serta peringatan 50 tahun United Tractors.

Pantai Bahowo telah ditetapkan sebagai salah satu lokasi rekreasi yang menakjubkan di Manado. Wisatawan yang datang sudah tidak sedikit karena penasaran dengan keindahan yang ditawarkan. Pantai ini mempunyai area khusus mangrove yang dilindungi dengan baik.

Pantai cantik ini memang telah dikelilingi oleh bakau untuk menjaga lingkungan. Apalagi tanaman tersebut mampu mencegah kejadian abrasi yang biasanya disebabkan oleh laut.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024