Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, telah menyiapkan subsidi untuk transportasi umum antar pulau di daerah itu akibat kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Subsidi diberikan kepada pemilik transportasi laut antar pulau yang melayani penumpang umum secara rutin," kata Sekretaris dinas Perhubungan Sangihe, Jacky Kumontoy di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, subsidi diberikan selama tiga bulan mulai Oktober sampai dengan bulan Desember 2022.

Dana subsidi yang disiapkan melalui APBD perubahan sebesar Rp96 juta untuk subsidi tiga bulan.

"Setiap bulan disiapkan subsidi Rp32 juta untuk penumpang kapal laut antar pulau," kata dia.

Subsidi dihitung untuk setiap penumpang angkutan laut guna menanggulangi kenaikan harga tiket yang selama ini dibebankan kepada masyarakat.

Transportasi laut yang mendapatkan subsidi tersebut adalah angkutan laut Tahuna menuju ke wilayah Kecamatan Tatoareng khususnya Kahakitang dan pulau sekitarnya.

Transportasi laut ke wilayah Kecamatan Tatoareng tersebut diberi subsidi karena memenuhi syarat sesuai regulasi yang diterima dari pemerintah pusat.

Sebab transportasi laut tersebut melakukan pelayaran secara rutin dengan mengangkut penumpang dua kali dalam seminggu yaitu setiap hari Rabu dan Sabtu dari Tahuna menuju wilayah Tatoareng dan setiap Selasa dan Jumat dari Tatoareng menuju Tahuna.

Sedangkan untuk wilayah kepulauan lainnya, tidak dapat diberi subsidi karena tidak memenuhi syarat.

"Petugas dinas Perhubungan akan melakukan pemantauan setiap kedatangan dan keberangkatan kapal untuk memastikan jumlah penumpang yang akan diberikan subsidi," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024