Sitaro (ANTARA) - Menuntaskan program Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), Badan Pertanahan Nasional (BPN) melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menerbitkan 500 sertifikat tanah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan.

'Melalui program ini pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. Selain itu, masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat tanah dapat menjadikan  sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha untik peningkatan kesejahteraan hidup," ungkap Kepala Kantor Pertanahan Sitaro, Herianto Aritonang.


Menurut Herianto, apa yang dilaksanakan hari ini adalah program-program dari Jokowi dan harus tersampaian kepada masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Waktu pak menteri datang untuk penyerahan sertifikat redistribusi tanah di Sulut, yang pertama sekali ditanya itu adalah tentang PTSL di kepulauan. Sehingga ini kami seriusi, dan puji Tuhan kita sudah hampir selesai dari target 1.500, sudah ada 500 sertifikat yang diterbitkan," jelas Herianto.

Setelah penyerahan secara simbolis 500 sertifikat dalam kegiatan di Lapangan Batahi Ondong, Selasa (27/09) tersebut, Herianto memastikan akan melanjutkan penyerahan sertifikat ke desa dan kelurahan.

"Dan dipastikan kegiatan ini gratis atau tidak dipungut biaya, sebab sejak awal sudah saya sampaikan, tidak ada sepeser pun yang dipungut. Kalau kedapatan ada pegawai kantor pertanahan yang melakukan pungutan silahkan laporkan," tegas dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Denny D Kondoj sangat mengapresiasi upaya BPN dalam program PTSL bahkan telah bersinergi dengan pemerintah daerah, selain target 500 sertifikat milik masyarakat, juga sertifikat lahan pemerintah sebanyak 73 bidang yang telah diterbitkan.

"Tentunya ini yang sangat kami harapkan, karena sebagaimana instruksi pak presiden benar-benar dijalankan khususnya di Kabupaten Kepulauan Sitaro dalam hal ini kantor pertanahan," tukas sekda.

Hal ini menurut sekda, merupakan sesuatu yang sangat membanggakan sehingga pemerintah daerah mengapresiasi dan berterimakasih kepada keluarga besar kantor pertanahan dengan harapan akan terus membantu pemerintah daerah.

"Kami salut dan bangga kepada kantor pertanahan dan harapannya tetap solid, bersinergi dan terus bergandengan tangan untuk masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sitaro," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan sejumlah pimpinan OPD, pimpinan dan pegawai kantor pertanahan, serta warga penerima sertifikat secara simbolis.


Pewarta : Stenly RM Gaghunting

Copyright © ANTARA 2024