Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Wandu Labesi, mengingatkan warga di daerah itu agar mewaspadai bencana alam akibat hujan disertai angin.

"Kami kembali meminta semua warga masyarakat agar waspada terhadap kondisi alam akibat musim hujan disertai angin yang melanda Kabupaten Sangihe," kata dia di Tahuna, Senin.

Menurut dia, saat ini Kabupaten Kepulauan Sangihe selalu diguyur hujan dengan intensitas tinggi disertai angin sehingga perlu kewaspadaan dari semua masyarakat.

"Pemerintah kampung dan kelurahan juga diminta terus mengawasi kondisi alam di sekitar, agar segera mengambil langkah antisipasi apabila diperlukan," kata dia.

Kabupaten Sangihe merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara yang rawan bencana alam, seperti banjir dan longsor, sebab sudah sering terjadi ketika hujan dengan intensitas tinggi.

"Kita semua berharap agar tidak terjadi bencana akibat kondisi alam ini, namun masyarakat tetap harus waspada agar terhindar dari bencana alam," kata dia.

Dia juga mengingatkan pengguna jalan khususnya kendaraan luar Kota Tahuna agar mewaspadai terjadinya pohon yang tumbang serta jalan longsor.

"Pengguna jalan khususnya kendaraan luar kota agar selalu waspada terhadap longsor dan pohon yang tumbang di musim hujan seperti ini, sebab jalur jalan di Sangihe rawan longsor," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024