Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara bertekad menurunkan menargetkan turunkan tingkat populasi limbah.

"Pemerintah Kota Bitung berkomitmen hingga jajaran paling bawah menjaga kebersihan lingkungan," kata Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar di Bitung, Jumat.

Dia mengatakan target tersebut juga menjadi salah satu tujuan dalam mengikuti Penilaian Adipura Tahun 2022.

Sehingga, pihaknya melakukan edukasi dan sosialisasi kepada perangkat daerah terkait camat dan lurah, serta para Kepala Sekolah Kota Bitung.

"Hal ini sangat penting karena wujud komitmen kita bersama untuk menjaga kebersihan, keteduhan dan keindahan daerah kita secara berkelanjutan sehingga Kota Bitung dapat menjadi kota bersih, sehat dan hijau," jelasnya.

Dia menjelaskan sasaran dari program Adipura adalah mewujudkan kota yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintah yang baik dan tata kelola lingkungan yang baik.

Karena, katanya, tujuan di balik penghargaan adipura antara lain, untuk menurunkan tingkat populasi dari limbah domestik, merealisasikan kesehatan lingkungan, dan budaya bersih lingkungan.

Olehnya melalui sosialisasi penilaian adipura tahun 2022 ini menjadi suatu hal penting untuk mengangkat semua pihak, akan pentingnya pengelolaan sampah dan upaya untuk menurunkan timbunan sampah untuk meningkatkan kualitas kehidupan menjadi lebih baik.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024