Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) berkomitmen melakukan kampanye energi bersih untuk mewujudkan ekonomi hijau.

"Kami menggelar Evebition (Electric Vehicle Exhibition) dengan berkolaborasi bersama Elders Energy dan diikuti oleh sejumlah bengkel otomotif, komunitas otomotif, serta Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Kota Manado dan Tomohon," kata General Manager PLN Suluttenggo, Leo Basuki, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan kegiatan eksibisi ini merupakan wujud komitmen PLN mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini merupakan eksibisi motor listrik pertama di Sulawesi yang proses perakitan serta konversi langsung dilakukan di atas panggung dan dilihat oleh ratusan pengunjung.

PLN, katanya, kolaborasi bersama Elders Energy yang merupakan bengkel pertama di Indonesia yang telah sertifikasi dan berlisensi sebagai bengkel konversi resmi.

Proses demo konversi motor listrik memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjung untuk melihat langsung proses perakitan yang dilakukan hanya dengan waktu satu setengah jam.

Ia menjelaskan penggunaan motor listrik merupakan salah satu bentuk upaya PLN untuk mendukung dan mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Hal ini, katanya, sejalan dengan komitmen Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 dalam menginisiasi peralihan dari energi fosil berbasis impor menjadi energi baru terbarukan berbasis domestik yang lebih murah, bersih dan ramah lingkungan.

"Upaya percepatan ekosistem kendaraan listrik terus dilakukan. Melalui kendaraan motor Vespa klasik yang memiliki catatan historis di dalamnya kami berusaha untuk membuat sesuatu yang berselera untuk mempercepat tujuan ekosistem tersebut tercapai," ucap Basuki.

Wali Kota Manado Andrei Angouw mengatakan eksibisi konversi motor listrik menjadi sumber edukasi baru dan sebagai salah satu cara mengajak masyarakat untuk beralih ke penggunaan energi bersih berbasis listrik.

"Masa depan ada pada energi listrik dan pihak pemerintah mendukung serta menyambut baik terkait program konversi kendaraan listrik. Momen eksibisi yang digelar saat ini menjadi kesempatan untuk kedepannya proses transisi energi akan terlaksana dengan baik seiring berjalan waktu," ujarnya.

EVP Perencanaan dan Pengendalian Regional Sulmapana Eman Prijono menerangkan bahwa PLN menjadi bagian dari tugas pemerintah sebagai garda terdepan dalam proses transisi energi untuk mengurangi emisi karbon (CO2).

"Sulawesi ini memiliki potensi bauran energi baru terbarukan yang jumlahnya sangat banyak dan bervariasi. Tentu jika hal ini dikombinasikan dengan percepatan ekosistem kendaraan listrik yang dilakukan secara masif maka tujuan dalam transisi energi dapat sesuai dengan rencana," kata Eman.

 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024