Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, melalui dinas Pertanian (Distan) setempat sudah memberikan vaksin rabies kepada 4.327 ekor hewan peliharaan.

"Sampai akhir Agustus ini sudah 4.327 ekor hewan peliharaan yang divaksin rabies," kata kepala Dinas Pertanian Sangihe, Golfried Pella di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan terus dilakukan sampai dengan akhir tahun 2022.

"Petugas terus mengelilingi kampung dan kelurahan agar semua hewan peliharaan di Kabupaten Sangihe disuntik rabies supaya tidak membahayakan masyarakat," kata dia.

Dia mengatakan, untuk pemberian vaksin rabies sampai akhir tahun 2022 ini, perlu tambahan vaksin dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

"Stok vaksin yang ada hanya sampai dengan September 2022 sehingga masih dibutuhkan tambahan vaksin dari pemerintah Provinsi Sulawesi Utara," kata dia.

Dinas Pertanian kata dia, sudah menyampaikan permohonan penambahan bantuan vaksin rabies kepada Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi.

"Kami sudah mendapat jawaban bahwa pekan depan rencana sudah akan dikirim vaksin rabies sebanyak 5000 dosis oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara," kata dia.

Dia mengimbau warga masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar merelakan hewan untuk divaksin rabies agar tidak membahayakan orang lain, kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024