Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, menggelar Lomba Gapura dan Kebersihan Lingkungan yang diikuti oleh 12 kecamatan di daerah itu untuk memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

"Lomba Gapura diikuti oleh 12 kecamatan yang ada di daratan Kepulauan Sangihe," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Frans Porawouw di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, 12 gapura yang dilombakan tersebut merupakan merupakan hasil seleksi dari setiap kampung dan kelurahan.

"Dari 15 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, tiga kecamatan di kepulauan tidak mengikuti lomba yaitu, Tatoareng dan Nusa Tabukan serta Kecamatan Kepulauan Marore," kata dia.

Sedangkan 12 kecamatan mengikuti lomba gapura adalah Manganitu Selatan, Tamako, Manganitu, Tahuna Timur, Tahuna, Tahuna Barat, Kendahe, Tabukan Utara, Tabukan Tengah, Tabukan Selatan, Tabukan Selatan Tengah dan Tabukan Selatan Tenggara.

Pemkab Kepulauan Sangihe melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah, menyiapkan hadiah Rp37,5 juta untuk pemenang lomba 'Gapura'..

Pemenang pertama disiapkan hadiah uang pembinaan sejumlah Rp15 juta, pemenang kedua Rp12,5 juta dan pemenang ketiga Rp10 juta.

"Selain memperoleh uang pembinaan, setiap pemenang juga diberikan tropi," kata dia.

Dia mengatakan penilaian lomba gapura dan kebersihan dilaksanakan hari Jumat, 12 Agustus 2022 dengan tim penilai dari beberapa dinas terkait.

"Tim penilai terdiri dari unsur dinas Kesehatan, PUPR, dinas Lingkungan Hidup, Kesbangpol dan PKK serta dinas PMDD," kata dia.

Dia berharapsemangat gotong royong di masyarakat terus dibangun termasuk dalam memeriahkan hari kemerdekaan tahun 2022 ini.

"Kami berharap nilai gotong royong di masyarakat terus dihidupkan sebagai warisan leluhur dalam membangun Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024