Sangihe, Sulut (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, membangun koordinasi dengan instansi terkait termasuk KPU di daerah itu untuk verifikasi Parpol calon peserta Pemilu 2024.

"Kami terus membangun koordinasi dengan instansi terkait guna mempersiapkan pelaksanaan verifikasi Parpol calon peserta Pemilu 2024 di Sangihe," kata Ketua Bawaslu Sangihe, Junaidi Bawenti di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, selain dengan KPU, koordinasi sudah dilakukan dengan pemerintah Kabupaten Sangihe, Kejaksaan, Polres, Kodim dan TNI Angkatan Laut

"Koordinasi dilakukan guna membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak agar tahapan Pemilu di Sangihe bisa berjalan dengan baik," kata dia.

Saat ini, kata dia, Bawaslu terus melakukan koordinasi dengan KPU dalam rangka pelaksanaan tahapan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024.

"Bawaslu sesuai dengan kewenangan pasti melakukan tugas pengawasan dengan maksimal berdasarkan tahapan dan tetap dalam koordinasi dengan berbagai pihak termasuk KPU Kabupaten Sangihe," kata dia.

Bawaslu membangun koordinasi dengan KPU dalam hal keterbukaan informasi tentang pendaftaran dan verifikasi faktual mengingat Bawaslu juga mengantongi rekomendasi memverifikasi secara administrasi terhadap Parpol.

Dia berharap, semua masyarakat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan tahapan pemilihan umum yang sementara dilaksanakan saat ini.

"Mohon masyarakat memberikan keterangan yang benar ketika dilaksanakan verifikasi keanggotaan Partai Politik oleh KPU dan Bawaslu," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024