Manado (ANTARA) - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) melakukan kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) di sejumlah pasar tradisional dan wilayah pemukiman padat penduduk di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), setiap hari. 

"KPSH setiap hari diharapkan mampu menjaga kestabilan harga bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu dan daging," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulutgo Ali Ahmad Najih, di Manado, Rabu.

Ali mengatakan semua pasar tradisional di Kota Manado dan kabupaten kota lainnya menjadi tujuan Bulog dalam kegiatan KPSH ini.

Juga, katanya, melakukan door to door di lokasi pemukiman sehingga masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih murah.

Dia mengatakan penjualan ini dilakukan ke semua pasar-pasar tradisional, mitra pedagang, distributor serta agen-agen dan kelompok-kelompok masyarakat.

Ali menjelaskan akan terus menjual beras medium, sehingga harga beras akan tetap stabil.

"Karena kenaikan beras, sedikit saja, akan memberikan dampak cukup besar pada inflasi," jelasnya.

Ia mengatakan untuk menjaga stabilitas harga beras medium dan bahan pangan lainnya, Perum Bulog telah melakukan program KPSH atau Operasi Pasar Beras Medium serta bahan pangan lainnya secara serentak dan masif dan melibatkan seluruh jajaran karyawan Perum Bulog di tingkat pusat hingga ke daerah.

"Melalui KPSH ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama pada musim kemarau ini dan agar stabilisasi harga bahan pangan khususnya beras dapat terjaga," katanya.

Dia menjelaskan saat ini stok beras dan bahan pokok lainnya di gudang Bulog cukup banyak, hingga ketahanan enam bulan ke depan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena stok bahan pokok cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat," katanya.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024