Manado (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mendukung Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam melakukan ekspor bunga ke Singapura melalui BNI XPora.

"Kami akan bantu UKM dalam peningkatan kapasitas dan ekspor lebih mudah melalui BNI XPora," kata Senior Vice President Optimalisasi Bisnis Hermita, di Manado, Selasa.

Hermita mengatakan pihaknya akan mendukung upaya Ketua Panitia Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022 Vonny Pangemanan dalam mempromosikan kegiatan ini dan sekaligus bunga-bunga yang ada di Tomohon untuk bisa dipasarkan ke Luar Negeri. Salah satunya ke negara Singapore dengan menggunakan BNI Xpora.

Hermita menjelaskan Xpora adalah solusi digital yang dikembangkan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Portal ini ditujukan untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. 

BNI Xpora, katanya, menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar.

Ia menjelaskan BNI Xpora dapat diakses dengan bebas oleh semua pelaku UMKM lewat domain xpora.id. Melalui portal ini, pelaku UKM bisa mengakses beragam fitur.

Pemimpin Wilayah BNI Manado Lodewyck Z S Pattihahuan mengatakan BNI melalui jaringan internasional dan kantor cabang BNI di luar negeri melakukan upaya-upaya strategis agar koneksi perdagangan internasional dapat terwujud melalui penyediaan produk-produk dan layanan baik banking maupun beyond banking.

Dia melanjutkan, melalui produk-produk dan layanan tersebut, BNI akan membawa nasabah go global, baik mengajak perusahaan-perusahaan Indonesia untuk ekspansi ke luar negeri atau pun untuk mengekspor lebih banyak produk Indonesia.

Melalui Xpora, katanya, BNI akan membantu UMKM dan pengekspor untuk memperluas pasar di luar negeri. Keberadaan kantor cabang luar negeri BNI dioptimalkan untuk mencari buyer, terutama dari diaspora Indonesia yang ada di negara masing-masing.

BNI juga secara reguler pertemukan antara pengekspor dan importir melalui suatu business matching, diharapkan keberadaan BNI diharapkan akan menambah keyakinan kedua belah pihak untuk merealisasikan transaksinya.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024