Manado, (AntaraSulut) - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan beras masyarakat miskin (raskin) dengan kualitas nasional.

Kepala Bulog Divre Sulut Yayan Suparyan mengatakan selama ini Bulog menyalurkan beras berkualitas medium untuk rumah tangga kurang mampu, operasi pasar dan juga untuk pemenuhan cadangan beras pemerintah. 

"Indikator kualitas beras katanya dapat dilihat dari kandungan kadar air, kadar beras pecah dan harga jual dari Bulog dan yang dijual pedagang di pasaran," kata Yayan, di Manado. 

Ia menyebut kadar air beras yang disalurkan sebesar 14 persen dengan kadar beras pecah sekitar 15 persen.

"Namun karena beras yang disalurkan Bulog adalah beras subsidi dari pemerintah, sehingga harga tersebut disesuaikan (diturunkan) saat dijual dipasaran dalam bentuk operasi pasar," kata Yayan. 

Selain kadar air dan kadar pecah, kata Yayan, kualitas beras yang juga dipasok dari daerah lain memiliki jenis yang diyakini berkualitas baik untuk dikonsumsi masyarakat. 

Katanya, sesuai dengan Inpres no 3 tahun 2012, kadar air 14 persen, Menir 2 persen, broken 20 persen dan butir kepala, ini merupakan beras kelas medium yang sangat layak dikonsumsi masyarakat.

Yayan mengatakan jika masyarakat menerima beras bulog dengan kualitas kurang baik, akan langsung diganti.

"Penyaluran raskin di Sulut terus dilakukan dan saat ini sementara disalurkan lima alokasi di seluruh wilayah Bulog Sulut," katanya.

Diharapkan penyaluran raskin ini, mampu menstabilkan harga beras di pasaran, sehingga tidak terjadi lonjakan harga.


Pewarta : Nancy Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024