Manado, 11/4 (Antara) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tomohon, Provinsi Sulut, terus melakukan pengawasan jalannya perhitungan suara di setiap daerah pemilihan (Dapil).

"Diperkirakan perhitungan suara akan selesai pada hari ini. Perhitungan di setiap dapil dilakukan di masing-masing kelurahan," kata Ketua Panwaslu Alex Walujan di Tomohon, Jumat.

Dia mengatakan pada pemilihan umum legislatif Kota Tomohon dibagi tiga dapil, yaitu Dapil I mencakup Kecamatan Tomohon Timur, Tomohon Tengah dan Tomohon Barat, dan di Dapil ini akan memperebutkan sembilan kursi dewan perwakilan rakyat daerah.

Selanjutnya, Dapil II mencakup Kecamatan Tomohon Utara akan memperebutkan enam kursi, sementara Dapil III mencakup Kecamatan Tomohon Selatan hanya memperebutkan lima kursi.

"Jadi total kursi dewan perwakilan rakyat Kota Tomohon hanya 20 kursi atau sama dengan pemilu tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Dia mengatakan bahwa hari ini akan dilanjutkan perhitungan suara di dapil tiga Kelurahan Lansot karena belum tuntas pada Kamis (10/4) kemarin.

Menuurut dia, pengawasan yang dilakukan panwaslu adalah bagian dari penegakan konstitusi pada setiap tahapan pelaksanaan pemilihan umum, termasuk tahapan perhitungan suara, sehingga berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur serta adil secara efektif dan efisien.

"Pemilu yang luber dan jurdil menjadi harapan kita semua sebagai anak bangsa. Karena itu panwaslu harus berperan di dalamnya. Masyarakat juga bisa aktif partisipatif mengawal pemilu ini dan tidak segan-segan melaporkan ke panitia pengawas tentu dengan bukti-bukti pendukung yang akurat," ajaknya.

Sebanyak 70.362 warga kota yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) ikut ambil bagian dalam pesta demokrasi lima tahunan pada 9 April.

Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024