Manado (ANTARA) - Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri mengadakan kegiatan penelitian dan supervisi di Polda Sulawesi Utara (Sulut), tentang evaluasi peralatan Dalmas dan PHH Polri dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024.

Sekretaris Puslitbang Polri yang juga Ketua Tim Supervisi Penelitian Puslitbang Kombes Pol F.X. Surya Kumara di Manado, Senin mengatakan, kegiatan ini dilakukan di 10 dari 34 Polda dan jajarannya. 

Ia mengatakan, penelitian dan supervisi ini termasuk untuk mengetahui kondisi peralatan-peralatan yang sudah didistribusikan sebelumnya. 

“Juga melihat kondisi terkini peralatan-peralatan yang pernah didistribusikan, apakah masih bagus atau sudah rusak, kemudian apakah juga dipakai sekaligus dirawat dengan baik dan benar,” katanya.

Ia menambahkan, jika ditemukan peralatan yang sudah rusak maka hal ini akan menjadi bahan analisa dan evaluasi.

“Sekaligus menjadi masukan, terutama di bagian pengadaan barang dan jasa. Nanti dianalisa dan dievaluasi, bagaimana dulu pengujian peralatan tersebut, jangan sampai peralatan yang diuji coba bagus dan yang dipakai tidak bagus,” katanya.

Pada saat itu dilakukan penelitian mengenai peralatan Dalmas Direktorat Samapta Polda Sulut. Metode yang digunakan berupa pendalaman materi melalui pengisian kuisioner secara online oleh personel Direktorat Samapta sebagai responden.
 Setelah itu, Tim Puslitbang Polri mengecek langsung peralatan Dalmas di Mako Direktorat Samapta Polda Sulut. 

Penelitian dan supervisi serupa akan berlangsung hingga Rabu (15/6), dengan obyek penelitian lainnya adalah Satbrimob Polda Sulut dan empat Polres/ta jajaran yakni, Polres Bitung, Polres Minahasa Utara, Polres Tomohon, dan Polresta Manado.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024