Palembang (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) meraih penghargaan internasional atas program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di Desa Merbau, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

Rilis pers diterima Antara, Kamis, dalam kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) itu Kilang Pertamina Plaju menyabet juara untuk kategori Community Commitment di ajang International CSR Excellence Award 2022 yang digelar The Green Organization, Inggris.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari yang mewakili perusahaan pada acara tersebut, mengatakan penghargaan ini pertama kali diberikan The Green Organization kepada perusahaan asal Indonesia

Mengusung Program Desa Mandiri Energi dengan judul makalah “The Lighting Hopes: Electrify Rural Communities through Micro-Hydro Power Plant (MHPP) Project”, Kilang Pertamina Plaju berhasil bersaing dengan 500 nominasi lainnya.

Ada berbagai kategori yang dikompetisikan dalam penghargaan ini, antara lain Charitable Giving, Climate Change, Community Commitment, Corporate Citizenship, Emission Reduction, Employee Benefits, Energy Reduction, Equality, Initiatives, Innovation, Leadership, Partnership, Supplier Benefits/Customer Care, Sustainability, Volunteering, Waste Management, dan Water Management.

Dihimpun dari website https://csrawards.co.uk/the-2022-international-csr-awards-winners/, sebanyak 75 perusahaan dari berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Kilang Pertamina Plaju turut hadir menerima penghargaan di masing-masing kategori.

Kilang Pertamina Plaju membangun energi baru terbarukan yang bersumber dari air terjun untuk mengatasi persoalan kekurangan energi di kampung terpencil Dusun Saruan, Desa Merbau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Selama 72 tahun, warga setempat tidak menikmati listrik karena akses jauh jaringan listrik sehingga mengeluarkan biaya yang tinggi untuk membeli bahan bakar genset.

Kilang Pertamina Plaju pada 2017 berinisiatif menciptakan energi terbarukan dari generator mini hidro melalui Program CSR Desa Mandiri Energi.

Dengan memanfaatkan aliran air terjun kecil di perbukitan, turbin yang dibuat dapat menghasilkan listrik bertenaga 10 kWh sehingga memberikan kehidupan yang layak bagi lebih dari 165 anggota masyarakat dengan 37 Kepala Keluarga (KK) yang berdiam di dusun itu. Hingga kini, turbin di Dusun Saruan, Desa Merbau masih beroperasi dan dijaga baik oleh masyarakat setempat.

General Manager Kilang Pertamina Plaju Edy Januari Utama mengucapkan terima kasih kepada pemerintah setempat, Perwira PT KPI, dan masyarakat Merbau yang telah bekerja sama mewujudkan energi baru terbarukan ini.

“Kami meminta dukungan agar Kilang Pertamina Plaju dapat terus memberikan dampak positif yang lebih luas lagi demi kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, bagi Kilang Pertamina Plaju, penghargaan internasional ini menjadi kali kedua setelah sebelumnya juga meraih penghargaan Runner Up di World Petroleum Council Excellence Awards (WPCEA) for Social Responsibility pada 2021 di Amerika Serikat.

Baca juga: Peran BUMN dinilai strategis dalam pengembangan panas bumi

Baca juga: Pertamina jamin stok BBM di Sulut aman

Pewarta : Dolly Rosana
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024