Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, mencatat daerah itu sudah tidak ada kasus baru COVID-19 dalam 30 hari terakhir.

"Belum ada laporan kasus baru, dan kami berharap tidak terjadi. Posisi nol kasus ini sudah bertahan satu bulan terakhir," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe, Handry Pasandaran di Tahuna, Rabu.

Ia mengatakan keberhasilan upaya menekan penularan COVID-19 di Kabupaten Sangihe tidak terlepas dari kerja keras petugas satuan tugas penanganan dan tim-tim penanggulangan di tingkat kecamatan dan kelurahan serta kampung atau desa termasuk kepatuhan warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kolaborasi antara pemerintah dan warga semakin baik, terbukti belum ada warga terinfeksi COVID-19 sebulan terakhir," kata dia.

Data terakhir jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Sangihe sebanyak 1.834 kasus dan yang sembuh 1.788 orang sedangkan yang meninggal dunia 46 orang.

Ia mengatakan bahwa percepatan peningkatan cakupan vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Sangihe juga berkontribusi pada penurunan signifikan kasus penularan COVID-19.

Menurut data cakupan vaksinasi dari dinas Kesehatan hingga 24 Mei 2022 vaksinasi dosis pertama sudah dilakukan pada 83.058 orang atau 73,09 persen dari total 114.631 warga yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sangihe.

Sedangkan vaksinasi dosis kedua dan dosis ketiga masing-masing tercatat sudah mencakup 55.058 orang (48,45 persen) dan 5.793 orang (5,09 persen) di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dia mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan COVID-19 meski pemerintah pusat sudah melonggarkan aturan penggunaan masker di tempat-tempat tertentu.

"Kebijakan pelonggaran masker hanya di tempat-tempat tertentu, salah satunya di ruang terbuka, namun beraktivitas di dalam ruangan, masker masih menjadi hal wajib," katanya.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024