Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Haji Yusharto Huntoyungo meminta semua kapitalaung atau kepala desa di Kabupaten Sangihe agar terus berinovasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Tingkatkan terus kompetensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang ada di wilayah kerja masing-masing," kata Dirjen Bina Pemdes, Yusharto Huntoyungo, di Tahuna, Jumat.

Menurut dia saat melaksanakan kegiatan tatap muka dengan kepala desa (kades) yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang dihadiri Bupati Jabes Gaghana dan semua kapitalaung atau kepala desa di daerah itu, peningkatan pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan oleh setiap kapitalaung maupun perangkat kampung.

Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui kepemimpinan Bupati Jabes Gaghana kata dia, telah berhasil mengukir berbagai keberhasilan sehingga harus didukung oleh semua kepala desa atau kapitalaung.

"Kami mengakui bahwa, Bupati Jabes Gaghana telah membawa kemajuan bagi daerah ini, bahkan di saat mengakhiri masa tugasnya, Bupati terus berkarya bagi daerah," kata dia.

Pemerintah melalui Dirjen Bina Pemdes saat ini sementara merancang kebijakan untuk peningkatan kompetensi kepala kampung namun harus dikomunikasikan dengan banyak pihak termasuk pemerintah kampung yang ada di Sangihe.

Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Bina Pemdes kata dia, juga sedang menyusun kegiatan agar kepala desa arau kapitalaung bisa berangkat ke luar negeri.

"Kapitalaung bisa berangkat ke luar negeri seperti ke Vietnam sebab ini merupakan bagian dari program Dirjen Bina Pemdes," kata dia.

Pemerintah tidak hanya melakukan ekspor barang ke luar negeri tapi juga kapitalaung bisa ke luar negeri untuk belajar.

"Kapitalaung bisa berangkat ke luar negeri asal dapat menunjukkan kinerja yang baik demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024