Minahasa Tenggara (ANTARA) - Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial mulai di salurkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"BPNT sudah mulai disalurkan kepada keluarga penerima manfaat di Minahasa Tenggara untuk bulan April dan Mei," kata Kepala Dinas Sosial Minahasa Tenggara, Nancy Lendombela di Ratahan, Senin.

Dia mengungkapkan penyaluran ini diharapkan dapat membantu keluarga dalam pemenuhan kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri ini.

"Bantuan ini diharapkan dapat meringankan warga dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, apalagi yang akan merayakan Idul Fitri," ujarnya.

Lebih lanjut kata Nancy bantuan ini disalurkan dua tahap dengan melibatkan pihak Bank Mandiri dan PT Pos Indonesia.

"Untuk bulan April, penyalurannya melibatkan Bank Mandiri dengan sistem e-warung dan dalam bentuk bahan kebutuhan pokok. Sedangkan pada Mei itu disalurkan pihak Pos termasuk bantuan tiga bulan untuk BLT minyak goreng," ujarnya.

Secara keseluruhan masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara yang terdaftar penerima BPNT berjumlah 8.566 PKM.

Namun, dari jumlah tersebut masih ada 1.700 KPM yang bantuannya belum bisa disalurkan.

"Yang berhak menerima bantuan ini sudah divaksinasi lengkap dan tidak termasuk keluarga ASN, TNI, Polri, dan pensiunan," ujarnya.

Penyaluran BPNT diberikan sebanyak Rp200.000 setiap bulan bagi setiap KPM yang memenuhi persyaratan.*

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024