Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe ,Sulawesi Utara, menggelar kembali kegiatan "medaseng" atau melaksanakan tugas sampai menginap di kampung atau desa selama waktu tertentu, setelah terhenti akibat pandemi COVID-19.

"Kegiatan medaseng ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Sangihe guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana di Tahuna, Minggu.

Menurut Bupati, kegiatan medaseng untuk bulan April 2022 dilaksanakan di Kampung Basau Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara.

"Sejak Sabtu 23 April sampai hari ini, jajaran Pemerintah Kabupaten Sangihe berada di Kampung Basau untuk melaksanakan kegiatan medaseng," kata Bupati.

Dia mengatakan dalam Program Kerja Pemerintah Kabupaten Sangihe, kegiatan medaseng dilaksanakan setiap bulan secara bergantian di setiap kampung.

Dalam kegiatan tersebut, semua perangkat daerah menginap di kampung untuk memberikan pelayanan kepada warga masyarakat di wilayah kecamatan tersebut.

Kegiatan tersebut diantaranya penerbitan kartu penduduk, pelayanan kesehatan, pelayanan KB serta kegiatan lainnya dari semua organisasi perangkat daerah.

"Akibat pandemi COVID-19, kegiatan medaseng sempat terhenti selama lebih dari dua tahun. Nanti saat ini kembali dilaksanakan," kata Bupati.

Kegiatan medaseng tidak hanya dihadiri oleh jajaran pemerintah Kabupaten tapi juga dihadiri oleh forum koordinasi pimpinan daerah.

"Kegiatan medaseng saat ini juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sangihe, Dandim 1301 juga perwakilan dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Tahuna," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024