Sitaro (ANTARA) - Sebagai pemimpin perempuan dan perempuan pada umumnya, Hari Kartini sungguh bermakna bagi Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen.

"Intinya lewat perjuangan dari ibu R A Kartini untuk emansipasi wanita sangat luar biasa yang  saya rasakan dan nikmati saat ini. Yang mana perempuan bebas untuk berkarir dimana saja dan diperlakukan dengan istimewa," tutur istri Bupati Sitaro dua periode, Dr Toni Supit SE MM ini, Kamis (21/4).

Pesan bagi kaum perempuan di Sitaro, lanjut Sasingen, tetap semangat berkarya di manapun dan apapun talentanya. "Tapi tetap menjunjung tinggi kodrat sebagai seorang perempuan, sebagai istri, sebagai ibu rumah tangga dan sebagai mama dari anak-anak," kata Sasingen.

"Selain itu, didiklah anak-anak dengan baik karena di tangan merekalah tongkat estafet pembangunan daerah. Bila generasi penerus punya mental yang baik maka akan baik pula masa depan daerah," katanya lagi 

Saat ditanya sosok perempuan Indonesia yang menjadi panutan selain RA Kartini, bupati perempuan pertama Sitaro ini mengungkapkan, adalah sosok ibu Megawati Soekarno Putri. 

"Sosok ibu Mega sangat luar biasa menjadi panutan dan memotivasi saya, semangat juangnya dan kepedulian bagi rakyat dan Negeri ini patut kita contohi dan teladani. Selamat hari Kartini bagi Kartini-Kartini se Nusantara, dan sukses berkarir," kuncinya.

 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024