Bukittinggi, Sumbar (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Sumatera Barat meluncurkan program Bimbingan Baca Al Quran (Bimbaqu) sebagai satu langkah pendukung program berantas buta aksara kita suci Agama Islam itu bagi jamaah haji.

"Untuk mendukung program Berantas Buta Aksara Al Quran untuk jamaah haji, Program Bimbaqu juga diintegrasikan dengan bimbingan ibadah mulai dari bersuci, bacaan dan gerakan shalat dan lain sebagainya," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bukittinggi, Tri Andriani Djusair di Bukittinggi, Senin.

Menurutnya program Bimbaqu merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kemandirian jamaah menuju haji yang mabrur.

“Ide untuk melaksanakan program Bimbaqu ini berawal dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim pembimbing ibadah haji kota kloter sembilan embarkasi Padang pada 2019, dari hasil evaluasi tersebut masih ada jamaah kita yang belum mamaksimalkan waktu di Tanah Suci untuk beribadah, zikir membaca Al Quran dan berdoa disebabkan beberapa jamaah belum bisa membaca Al Quran,” jelasnya.

Ia mengatakan program Bimbaqu berkontribusi terhadap capaian tujuan pembangunan berkelanjutan pilàr pendidikan dengan target pendidikan berkualitas mendukung kesempatan untuk belajar sepanjang hidup untuk semua orang tanpa kecuali.

Inovasi yang digagas Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini juga masuk salah satu usulan Inovasi Layanan Publik yang akan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) perspektif Moderasi Beragama 2022.

"Alhamdulillah, program ini masuk 27 Inovasi yang lolos untuk ikut serta dalam Kompetisi KIPP KemenPANRB 2022 usai mengikuti seleksi yang dilakukan Biro Ortala Kementerian Agama RI," ujarnya.

Hal ini di ketahui setelah mengikuti Zoom Meeting Submit Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Perspektif Moderasi Beragama Tahun 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Eri Iswandi mengucapkan selamat atas lolosnya program Bimbaqu Haji Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi mengikuti Kompetisi Inovasi.

“Alhamdulillah ini berkat kerja keras dari teman-teman semua sehingga layanan inovasi publik Bimbaqu Haji lolos seleksi untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang dilakukan Kemenpan RB," katanya.

"Dengan hasil ini jangan membuat kita lekas berpuas diri, karena perjuangan kita di depan masih panjang mengikuti kompetisi bersama seluruh Kementerian, berbagai Dinas, Instansi, dan BUMN pada KIPP KemenPANRB,” kata Eri Iswandi yang baru memimpin Kemenag Kota Bukittinggi.

Baca juga: Kemenag Kabupaten Sangihe segera sosialisasikan moderasi beragama di sekolah

Baca juga: Kejati dan Kanwil Kemenag Kalteng kerja sama soal mitigasi risiko hukum

Pewarta : Miko Elfisha
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024