Manado (ANTARA) - PT bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) menyiapkan dana sebesar Rp800 miliar guna memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Lebaran 1443 Hijriah.

"Kami akan siapkan dana tunai sebesar Rp800 Miliar untuk disiapkan pada sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM) dan layanan kantor," kata Direktur Utama BSG Revino Pepah, di Manado, Selasa.

Revino mengatakan kesiapan dana tunai ini diutamakan di Kota Manado, Gorontalo dan Bolaang Mongondow yang memiliki penduduk mayoritas merayakan Idul Fitri.

"Semua ATM akan terus dipantau, ada tim yang nantinya memantau kelancaran uang tunai di mesin, jika habis akan segera diisi walaupun saat libur lebaran," kata Revino.

Dirut mengatakan selain itu, BSG memberikan layanan 24 jam untuk transaksi digital melalui mobile banking  BSGtouch, SMS banking BSGsms, BSGdirect bagi payrol perusahaan dan fasiltas pembayaran pajak daerah. 

Kepala Bank Indonesia (BI) Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan pihaknya menyiapkan dana sebesar Rp1,3 triliun dalam menghadapi Lebaran 1443 Hijriah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kesiapan dana sebesar Rp1,3 triliun ini mengalami peningkatan sekitar 9,09 persen dari tahun 2021 sebesar Rp1,1 triliun," kata Arbonas.

Tahun 2019 sebelum pandemi COVID-19 di Indonesia sekitar bulan Maret 2020, Bank Indonesia Sulawesi Utara mengeluarkan Rp1,8 triliun untuk kebutuhan uang kartal menjelang Hari Raya Idul Fitri .

Kemudian mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19 pada tahun 2020 hingga berada pada Rp691 miliar atau turun sekitar 61,97 persen.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024