Minahasa Tenggara (ANTARA) - Warga di Kecamatan Belang dan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, memberikan apresiasi kepada Bupati James Sumendap (JS) yang mengambil langkah cepat melakukan penanganan banjir.

"Masyarakat Kecamatan Belang menyampaikan terima kasih Bupati Mitra Bapak James Sumendap, atas atensi dan kepedulian bencana banjir di Kecamatan Belang," kata tokoh masyarakat Belang, Artly Kountur.

Menurut Anggota DPRD Minahasa Tenggara ini, JS tak hanya memantau kondisi pasca banjir, melainkan menurunkan lebih 2.000 orang jajaran Pemkab untuk melakukan pembersihan rumah warga, dan fasilitas umum.

"Bupati menurunkan semua kekuatan yang dimiliki oleh Pemkab Mitra. Selain peralatan berat, juga diturunkan para ASN, THL, Aparat desa, BPD bahkan tenaga medis untuk membantu warga yang terdampak banjir. Sungguh luar biasa kepedulian seorang Kepala Daerah yang turun langsung di lapang," ungkap Artly.

Selain itu, pasca terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Belang yang di desa desa, dan mengakibatkan ribuan rumah warga terendam, JS langsung berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, untuk melakukan normalisasi Sungai Wowesen.

"Hal yang terpenting beliau langsung menghubungi Pihak Balai Sungai untuk segera follow up melakukan normalisasi Sungai Wowesen. Bila tidak ada pergerakan menurut beliau Pemkab akan menyiapkan dalam dana APBD," tandasnya. Pembersihan material pasca banjir di Kecamatan Belang. (Ist) Pembersihan material pasca banjir di Kecamatan Belang. (Ist)

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024