Minahasa Utara, (ANTARA Sulut) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Minahasa Utara (Minut) pastikan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) berlangsung Kamis (18/4) besok.

"Tidak ada perubahan untuk jadwal ujian nasonal tingkat SMA maupun SMK. Jadi semua siswa peserta ujian nasional dimulai besok," ujar Kadispora Minut, Maximelian Tapada, Rabu malam.

Dia mengatakan, berdasarkan jadwal yang ada, untuk ujian nasional tingkat SMA berlangsung Kamis sedangkan ujian nasional SMK akan dilaksanakan pada Jumat (19/04).

Adapun mata pelajaran pertama untuk program IPA yaitu Kimia dan Biologi sedangkan program IPS, Sosiologi dan Geografi dan Bahasa Indonesia mata pelajaran Antropologi serta Sastra Indonesia.

Untuk distribusi naskah soal ujian nasional kata Tapada, sudah dibawa ke Polsek-polsek yang diikuti oleh pengawas masing-masing sekolah.

"Memang ada beberapa sekolah mendapatkan naskah soal UN lebih bahkan juga kurang. Namun sudah ada petunjuk dari Provinsi, kekurangan tersebut akan didistribusikan pada besok hari," katanya.

Dia mengatakan, ada 15 Sekolah di Minut sebagai pelaksana kegiatan Ujian Nasional yang terbagi di 10 Kecamatan.

"Jadi ada beberapa sekolah yang siswanya bergabung ikut UN dengan siswa di sekolah lainnya," kata Tapada.

Dia mengatakan, jumlah siswa peserta ujian nasional untuk tingkat SMA ada 1121, sedangkan SMK 600 siswa.

"Untuk perkembangan keikutsertaan siswa dalam ujian nasional, nanti akan dilihat sejak dimulainya UN hingga selesai," ujar Tapada menjelaskan.

Dia menghimbau kepada para Kepala sekolah, mensuport anak didiknya agar terpacu dalam belajar, sehingga tidak larut dalam keadaan karena beberapa kali tertundanya ujian nasional.

"Diberikan pembinaan maupun dorongan agar para siswa terus mengisi kegiatan kerohanian, sehingga semakin terpacu dalam mengikuti ujian nasional," ujar Tapada menghimbau.

Adapun naskah ujian nasional tiba di Minut, Rabu malam sekitar pukul 19.30 wita dan ditampung di SMAN Satu Airmadidi.

Sementara untuk menjamin ketidakadanya bocor soal serta keamanan saat ujian nasional berlangsung, Polres Minut menyiagakan empat anggota pada masing-masing sekolah pelaksana ujian.

"Polres telah menurunkan anggotanya baik yang tidak berseragam (intel reskrim) maupun Sabara. Sementara satu perwira di masing-masing Polsek, ditugaskan untuk melakukan pengawasan ujian nasional," kata Kapolres Minut, AKBP Hari Sarwono melalui Kabag Ops, Kompol Hans Lahamendu.


Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024