Manado (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk siap memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Tahun ini kami memiliki target yang besar untuk mendorong pembiayaan bagi pelaku usaha di Sulut," kata Vice President BRI Manado Ali Masuron, dalam kegiatan Merchant Gathering, di Manado, Selasa.

Ali menjelaskan saat ini BRI memiliki program pembiayaan cluster untuk usaha mikro dan pihaknya melihat potensi yang ada di Sulut cukup besar.

"Kami akan tangkap peluang ini, karena ternyata UMKM di Sulut banyak yang masih belum disentuh oleh bank," jelasnya.

Upaya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk berperan sebagai agent of development terus dilakukan salah satunya melalui BRI menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada nasabah ultra mikro.

Program clustering yang dilakukan BRI adalah dengan membentuk financial close system, memudahkan akses pasar, promosi dan networking, menyediakan offtaker serta pembinaan yang lebih terfokus.

Untuk mengaplikasikan itu, katanya, Bank BRI pun melakukan kerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM.

Ali mengatakan bahwa tidak hanya terbatas pada pemberian kemudahan dalam mengakses pembiayaan KUR Mikro kepada para nasabah, BRI juga memberikan peningkatan pengetahuan pengelolaan keuangan maupun peningkatan hasil produksi dan pemasaran melalui program capacity building.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024