Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru berkunjung ke Manado dan belajar tentang jaminan sosial tenaga kerja bagi para peerja langsung oleh Wali Kota, Ayat Cahyadi. 

Menyambut rombongan tersebut, Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard HM Sualang, menjelaskan tentang sejumlah kebijakan pemerintah provinsi dan kota yang bersinergi untuk menyejahterakan para pekerja rentan. 

Wawali Richard Sualang, juga menjelaskan, bahwa di Kota Manado, para pekerja rentan mendapatkan perlindungan dari pemerintah kota, dalam bentuk jaminan  sosial ketenagakerjaan. 

"Bahkan sebagai contoh, pemerintah provinsi, sudah mengikutsertakan para pekerja honorer dan pekerja rentan di provinsi dalam program JAMSOSTEK," kata Sualang. 

Bukan hanya pekerja rentan, kata Sualang, maka para pekerja keagamaan juga mendapatkan jaminan dari pemerintah karena diikutsertakan dalam program Jamsostek sebagai bentuk perlindungan bagi pekerja rentan.    Saling bertukar cinders mata dalam  kunjungan Pemkot Pekanbaru di Manado (1)
"Bahkan beberapa waktu lalu, Sulawesi Utara masuk dalam rekor MURI karena memberikan perlindungan bagi para pekerja rentan," katanya. 

Dia mengatakan, karena itulah maka Pemkot Manado juga mencontohi langkah tersebut dengan mengikutisertakan seluruh pekerja rentan dalam program jaminan sosoial tersebut. 

Jajaran Pemkot Pekan Baru menerima berbagai penjelasan tentang program pemerintah kota dalam melindungi pekerja rentan termasuk sudah memberikan pembayaran klaim JKM bagi pekerja di Manado. 

 mengatakan, pemerintah kota sudah mengikutsertakan seluruh tenaga honorer dan pekerja rentan di Manado, dalam program jaminan sosial tenaga kerja (JAMSOSTEK). 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024