Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya mengimbau  kepada masyarakat untuk mendatangi tempat-tempat vaksinasi bagi yang belum divaksin.
"Masyarakat yang belum divaksin untuk datang ke tempat vaksinasi guna divaksin,  dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk menghindari penularan COVID-19,"kata Danlantamal, di Manado, Seni.
Ariwijaya mengatakan TNI Angkatan Laut melalui jajaran Lantamal VIII Manado bersama jajarannya terus menggelar vaksinasi COVID-19 di berbagai tempat, mulai dari luar pangkalan sampai dengan di dalam pangkalan.
"Setiap pelaksanaan vaksinasi utamanya yang dilaksanakan di luar pangkalan, Lantamal VIII dan jajarannya selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah agar pelaksanaan vaksinasi  tepat sasaran," katanya.
Ia menambahkan bahwa vaksinasi yang dilaksanakan jajarannya merupakan instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono guna membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19.
Mengawali pekan kedua di bulan Maret ini, Lantamal VIII dan jajaran  menggelar vaksinasi COVID-19 di berbagai tempat, mulai dari luar pangkalan sampai dengan di dalam pangkalan.
Seperti Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli yang menggelar vaksinasi di luar pangkalan, tepatnya di SD Negeri 2 Tolitoli.
Vaksinasi yang menyasar anak usia 6-12 tahun tersebut berhasil memberikan vaksinasi kepada 58 orang, terdiri dari dua orang menerima dosis pertama dan 56 orang menerima dosis kedua menggunakan vaksin Sinovac.
Selanjutnya Lanal Gorontalo menggelar serbuan vaksinasi COVID-19 di Kelurahan Bulotadaa Timur, Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.
Pada kegiatan itu, berhasil memberikan vaksin kepada 55 orang, diantaranya 28 orang menerima dosis pertama, 25 orang menerima dosis kedua dan dua orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Aztrazeneca dan Pfizer.
Selain menggelar di luar pangkalan, vaksinasi COVID-19 juga dilaksnakan di dalam pangkalan seperti yang dilakukan  Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Wahyu Slamet Bitung.
Pada kegiatan itu, berhasil memberikan vaksin kepada 34 orang dimana enam orang menerima dosis pertama, sepuluh orang dosis kedua dan 18 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Moderna dan Pfizer.
Sementara itu vaksinasi di Balai Kesehatan Lanal Tahuna terdata 31 orang, tujuh orang diantaranya menerima dosis kedua dan 24 orang lainnya menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Pfizer.
Sedangkan Diskes Lantamal VIII berhasil memberikan vaksin COVID-19 kepada sebelas orang mulai dosis pertama sampai ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Moderna.
Sementara vaksinasi dilaksanakan Lanal Melonguane, terdata lima orang menerima vaksin dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac.



 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024