Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara mempercepat vaksinasi COVID-19 untuk antisipasi penularan varian baru, Omicron, di daerah tersebut.

"Untuk mengantisipasi penularan varian baru virus corona, sehingga kami meningkatkan vaksinasi COVID-19 pada masyarakat," kata Bupati Minahasa Utara Joune Ganda di Manado, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa mengingat pandemi COVID-19 sedang mengalami lonjakan, Presiden Joko Widodo memberikan arahan serta menegaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi pada anak, umum, dan lansia harus dilakukan dan secepatnya mencapai target.

Dalam rangka percepatan vaksinasi di daerah itu dan mengejar target dari pemerintah pusat, katanya, maka warga yang belum divaksin harus segera mengikuti program tersebut.

Dia mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk ikut menyukseskan vaksinasi.

Bupati Joune menegaskan setiap camat akan diberikan tanggung jawab menyukseskan program itu dengan adanya pendampingan agar vaksinasi bisa berjalan lancar.

Evaluasi kinerja dan pemantauan vaksinasi, katanya, akan dilakukan secara berkala agar fokus untuk mencapai jumlah vaksinasi harian.

"Kita akan menyiapkan ekstra tenaga kesehatan untuk mendukung ini. Kita harus sepakat dan sehati membantah isu-isu negatif mengenai vaksin ini," katanya.

Ia menjamin bahwa vaksin ini halal dan aman untuk disuntikkan kepada masyarakat.
 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024