Manado,  (Antara Sulut) - Bandar Udara (Bandara) Internasional Samratulangi, Manado, Sulut, rata-rata melayani 2.600 penumpang setiap hari selama Januari hingga September 2012.

"Jumlah ini naik dari 2.000-2.200 perhari dibanding tahun 2011," kata Humas PT Angkasa Pura Manado, Allan Pusung, Rabu.

Pusung mengatakan, data tersebut belum termasuk dengan penumpang dari luar negeri yang tiba dan berangkat di Bandara Samratulangi.

Pusung menjelaskan jumlah penumpang di bandara itu mengalami kenaikan sejak adanya acara "World Ocean Conference (WOC)" di Manado pada 2009.

"Apalagi sejak 2009, Manado menjadi salah dari 10 kota destinasi wisata di Indonesia, maka makin banyak yang datang ke kota dengan berbagai keperluan," kata Pusung.

Ia menyebutkan, para penumpang di Bandara Samratulangi dilayani oleh sembilan maskapai penerbangan, dengan berbagai jurusan di Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera sampai Papua, setiap harinya.

"Maskapai penerbangan yang melayani penumpang di Bandara Samratulangi itu antara lain, Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air, Merpati, Sriwijaya Air, Mandala Airlines dan beberapa lainnya dan satu keluar negeri yakni Silk Air,"kata Pusung.

Bahkan, menurut Pusung, ada rute-rute baru yang dibuka oleh maskapai-maskapai penerbangan tersebut, antara lain Manado-Balikpapan oleh Lion Air sehingga bisa memotong jarak dari sebelumnya ke Jakarta dulu, sekarang bisa langsung.

"Setiap hari ada 22 penerbangan di Bandara Samratulangi Manado, mengangkut penumpang dari dan ke luar Sulawesi Utara," kata Pusung.
(guntur@/antarasulutcom)

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024