Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan Daerah (PRKPPD)   mengusulkan bantuan 300 unit rumah melalui  program Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) tahun 2022 kepada pemerintah pusat.

"Tahun 2022 ini, kami mengusulkan sebanyak 300 unit rumah untuk program RTLH," kata Kepala Dinas PRKPPD Sangihe, Mandiri Gaghana di Tahuna, Senin.

Saat ini, kata dia, pemerintah Kabupaten Sangihe masih menunggu persetujuan dari pemerintah pusat terhadap usulan RTLH.

"Kami masih menunggu jawaban usulan tersebut dari pemerintah pusat yang akan kami peruntukan bagi masyarakat di wilayah bagian utara Kabupaten Sangihe," kata dia.

Tahun 2021, kata dia, program RTLH bantuan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 101 unit dan sudah dilaksanakan oleh masyarakat penerima manfaat.

"Semua bantuan bahan bangunan untuk 101 unit rumah di Tahun 2021 telah tersalur sedangkan pekerjaan pembangunan menjadi tanggungjawab keluarga penerima bersama masyarakat setempat," kata dia.

Dia berharap, semua usulan 300 unit RTLH dapat disetujui oleh pemerintah pusat, sebab bahan bantuan rumah sangat dibutuhkan oleh keluarga penerima manfaat.

"Kami berharap, usulan 300 unit bantuan RTLH dari pemerintah Kabupaten Sangihe dapat direalisasikan oleh pemerintah pusat," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024