Sangihe, Sulut (ANTARA) - Ketua panitia Upacara Adat Tulude dan HUT Daerah Kepulauan ke- 597 yang juga Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Sangihe Gregorius Londo mengatakan, upacara adat Tulude Senin (31/1) dihadiri tokoh-tokoh gereja selaku peserta sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) yang datang dari seluruh tanah air.

"145 orang peserta sidang majelis pekerja lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia menyempatkan diri menghadiri pelaksanaan upacara Tulude tahun 2022 di halaman rumah jabatan Bupati Sangihe," kata Gregorius Londo di Tahuna, Selasa.

Peserta MPL PGI yang hadir dalam upacara Tulude serta peringatan HUT ke 597 daerah Kepulauan Sangihe tersebut, merupakan pengurus lengkap PGI dan pimpinan Sinode gereja-gereja yang ada di seluruh Indonesia serta peninjau.

Gori Londo menambahkan, pada Upacara Adat Tulude juga dilaksanakan pesta rakyat dan pagelaran seni budaya Sangihe.

Kegiatan upacara adat Tulude dan perayaan HUT daerah diawali dengan kegiatan ziarah ke makam pimpinan daerah yang dilaksanakan pada hari Minggu (30/1).

Hari Senin pagi telah dilaksanakan upacara bendera di setiap kantor organisasi perangkat daerah pada pukul 08.00 sedangkan pukul 10.00 wita dilaksanakan rapat paripurna istimewa DPRD Sangihe.

Ketua Umum PGI, Gomar Gultom menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sangihe yang terus melestarikan budaya Tulude.

"Kami bangga berada di Kabupaten Sangihe sekaligus dapat menghadiri langsung pelaksanaan acara adat Tulude," kata Gomar Gultom.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024