Manado (ANTARA) - Penandatanganan pakta integritas mengawali seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SOP) angkatan ke-51 TA 2022 di Polda Sulawesi Utara (Sulut), di Manado, Rabu.  
"Proses seleksi pendidikan SIP angkatan ke- 51 ini merupakan bagian dari pendidikan pengembangan umum personel Polri," kata Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, saat memimpin pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas peserta seleksi SIP tersebut.
Kapolda mengatakan dalam pelaksanaannya seluruh peserta harus mengikuti tahapan seleksi dan lulus pengujian pemeriksaan mulai dari pendaftaran secara online melalui aplikasi e-dikbang Polri, verifikasi administrasi tingkat Panitia Daerah, verifikasi penilaian 13 komponen individu personel Polri.
Kemudian dilanjutkan dengan tes kesamaptaan jasmani, tes psikologi dan tes kemampuan manajerial yang menggunakan metode computer assisted test (CAT), dan diakhiri dengan penentuan kelulusan akhir peserta seleksi melalui sidang akhir kelulusan berdasarkan hasil seleksi/pengujian, dengan kuota yang telah ditetapkan oleh Kapolri.
Kapolda minta kepada seluruh peserta seleksi agar siap dengan seluruh persyaratan dan rangkaian tes dalam seleksi ini. “Belajar dan berlatih serta mengandalkan kemampuan pribadi, serta percaya pada diri sendiri bahwa kalian bisa berhasil menempuh seleksi ini,” kata Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir dan Irwasda Kombes Pol Tedjo Dwikora.
Kapolda mengingatkan kepada panitia agar mempedomani seluruh aturan tentang pelaksanaan seleksi serta memegang teguh prinsip BETAH (bersih, transparan, akuntabel dan humanis).
“Para pengawas agar melakukan pengawasan secara ketat dan berkesinambungan dalam setiap tahapan  seleksi,” katanya.
Jumlah peserta yang ikut dalam pendaftaran pada seleksi ini sebanyak 272 orang, terdiri dari 258 Polki dan 14 Polwan, dari seluruh jajaran Polda Sulut

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024