Minahasa Tenggara (ANTARA) - Bupati Minahasa Tenggara Sulawesi Utara, James Sumendap mengajak petani dan nelayan di daerah itu agar terus aktif dan kreatif bekerja meski masih pada masa pandemi COVID-19.

"Saya berharap setiap warga di Minahasa Tenggara yang sebagian besar mempunyai latar belakang petani dan nelayan terus kreatif melaksanakan kegiatan sesuai bidang masing-masing," kata James di Ratahan, Minggu.

Ia mengungkapkan meski melakukan kegiatan seperti bertani dan menangkap ikan, namun protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan.

"Meskipun bekerja untuk kebutuhan ekonomi keluarga, tapi protokol kesehatan wajib untuk dipatuhi agar terhindar dari penularan COVID-19," ujarnya.

Kabupaten Minahasa Tenggara kata Bupati, merupakan salah satu daerah pemasok hasil pertanian khususnya cabai dan bawang serta tomat untuk kebutuhan masyarakat di Sulawesi Utara.

Sektor pertanian dan perkebunan lainnya seperti peningkatan produksi tanaman pangan yaitu padi dan jagung serta sayur-sayuran.

Sementara di sektor perikanan seperti penambahan produksi pembudidayaan ikan air tawar dan peningkatan hasil tangkap para nelayan.

Selain pertanian dan nelayan juga ada pemberdayaan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah, seperti produk olahan makanan dan sektor jasa.

"Melalui kegiatan-kegiatan produktif seperti ini, tentunya sangat membantu dalam meningkatkan penghasilan keluarga," ujarnya.

Pemerintah kata Bupati, berupaya memaksimalkan setiap kebijakan dalam melakukan penanganan maupun pencegahan penyebaran virus COVID-19.

"Meski di Minahasa Tenggara sudah tidak ada lagi pasien COVID-19, namun pemerintah kabupaten terus berupaya agar pencegahan penyebaran virus dapat dikendalikan," tandasnya.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024