Manado (ANTARA) - TNI Angkatan Laut melalui Lantamal VIII Manado dan jajaran hingga saat ini terus melaksanakan "Serbuan Vaksinasi Maritim" di berbagai tempat untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus membentuk kekebalan kelompok.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya di Manado, Sulawesi Utara, Senin, mengatakan vaksinasi itu penting untuk mencegah penyebaran COVID-19 di masyarakat.

"Selain itu juga, vaksinasi di jajaran TNI AL merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono guna memutus rantai penularan virus berbahaya tersebut," katanya.

Pada hari ini, sejumlah jajaran melaksanakan "Serbuan Vakisnasi Maritim", seperti Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli di Balai Desa Kapas, Kecamatan Dakopamean, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah dengan hasil 80 orang divaksin, di antaranya 45 orang menerima dosis pertama dan 35 orang menerima dosis kedua, menggunakan vaksin Sinovac.

Lanal Gorontalo melaksanakan vaksinasi di depan Toko Qmart Jln, Rambutan Kecamatan Dungingi, Gorontalo dengan hasil 74 orang divaksin, terdiri atas 46 orang menerima dosis pertama dan 28 orang menerima dosis kedua, menggunakan vaksin Sinovac dan Pfizer.

Vaksinasi rutin yang digelar di pangkalan, di antaranya Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet Kota Bitung dengan menyuntikkan vaksin kepada 22 orang, terdiri atas enam orang menerima dosis pertama dan 16 orang menerima dosis kedua, menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Lanal Tahuna pada vaksinasi rutin di Balai Kesehatan Lanal memberikan vaksin kepada 12 orang, di antaranya satu orang menerima dosis pertama dan 11 lainnya dosis kedua, menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Selain itu, Diskes Lantamal Vlll melaksanakan vaksinasi di Balai Kesehatan setempat dengan hasil lima orang divaksin, terdiri atas tiga orang menerima dosis pertama dan dua orang dosis kedua, menggunakan vaksin Sinovac.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024