Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur Steven Kandouw optimistis sinergitas tercipta antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan BPK Perwakilan Sulut  akan berkontribusi positif pada pembangunan daerah.

"Harapannya jalinan koordinasi dan sinergitas terbangun secara efektif dalam bidang tugas masing-masing terus terjaga, terlembaga, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di daerah untuk Sulut maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik," kata Wagub Steven di Manado, Senin.

Dia mengatakan laporan hasil pemeriksaan (LHP) yang diserahkan akan memberikan implikasi terhadap manajemen kinerja dan kepatuhan pemerintah daerah.

Hal itu mencakup kinerja pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kerja sama dunia usaha dan dunia industri, kinerja atas upaya pengelolaan vaksinasi COVID-19 dan kinerja atas pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut dia, BPK RI Perwakilan Provinsi Sulut senantiasa optimal dalam pelaksanaan tugas, peran dan fungsinya, termasuk dalam proses pemeriksaan kinerja dan kepatuhan pemerintah daerah.

"Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada segenap jajaran BPK RI Perwakilan Provinsi Sulut atas dedikasi dan perhatian yang telah diberikan selama ini," ujarnya.

BPK menurut dia, konsisten dalam memberikan asistensi bagi manajemen pengelolaan keuangan daerah ke arah yang lebih baik, lebih bermakna dan lebih berwawasan hukum.

Pemda, lanjut dia, sangat menyadari bahwa dalam pengelolaan keuangan daerah, dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan vokasi, pengelolaan PAD dan dalam pengelolaan vaksinasi COVID-19 masih belum sempurna. 

Peran BPK Perwakilan Provinsi Sulut terus diharapkan sebagai eksternal kontrol bagi pemda dan juga menjadi lembaga konsultansi dalam mengefektifkan manajemen pengelolaan keuangan daerah, menjaga dan meningkatkan akuntabilitas pengelolaannya.

Pemda, sebut dia, telah bertekad dan berkomitmen terus melakukan perubahan-perubahan dan perbaikan di segala dimensi manajemen keuangan daerah, manajeman kinerja dan Kapatuhan.

"Seiring dengan hasil pemeriksaan yang telah disampaikan tentunya terdapat berbagai rekomendasi untuk kemudian ditindaklanjuti. Hal ini pasti akan menjadi fokus perhatian, serta akan ditindaklanjuti sebagaimana ketentuan yang ada," katanya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024