Manado (ANTARA) - Usai libur Natal, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII dan jajaran kembali menggelar "Serbuan Vaksinasi Maritim" di wilayah kerjanya, Senin.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya di Manado, Senin, mengatakan satuan jajaran Lantamal VIII terus melaksanakan vaksinasi baik di dalam maupun di luar pangkalan.

"Hari ini sejumlah jajaran melaksanakan vaksinasi, seperti Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli menggelar vaksinasi COVID-19 di Balai Desa Kapas Kecamatan Dakopamean, Tolitoli,"katanya.

Ia mengatakan pada kegiatan tersebut berhasil memberikan vaksin kepada 80 orang yang terdiri dari 72 orang menerima dosis pertama dan delapan dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Kemudian Lanal Gorontalo menggelar vaksinasi di depan salah satu supermarket yang berada di Tomulabutao Kecamatan Dungingi, Gorontalo.

Vaksinasi tersebut berhasil memberikan vaksin kepada 61 orang diantaranya 34 orang menerima dosis pertama dan 27 orang dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac, Moderna dan Pfizer.

Sementara vaksinasi rutin di dalam pangkalan dilaksanakan Diskes Lantamal VIII bertempat di Balai Kesehatan (BK), kepada kepada Sembilan orang diantaranya lima orang dosis pertama dan empat orang dosis kedua jenis vaksin Sinovac.

Begitu juga Lanal Tahuna di Balai Kesehatan memberikan vaksin kepada sepuluh orang, dua orang menerima vaksin pertama dan delapan orang menerima vaksin dosis kedua menggunakan jenis vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Selama kegiatan vaksinasi maritim yang di gelar baik di dalam maupun luar pangkalan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai labgkah pencegahan penyebaran Covid-19, dan sampai dengan selesai pelaksanaan tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

Danlantamal mengatakan mengimbau kepada jajaranya untuk terus mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi di Tanah Air. Ini juga merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam memutus rantai penularan COVID-19.

"Mengimbau juga kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan baik diawasi maupun tidak,"katanya.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024