Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara,  Olly Dondokambey mengatakan tol Manado-Bitung seksi IIB Danowudu-Bitung akan dibuka gratis menjelang natal dan tahun baru.

"Saat meninjau dengan forkopimda, kami melihat bahwa jalan tol sudah bisa dioperasionalkan dalam rangka melayani masyarakat saat natal dan tahun baru," sebut Gubernur Olly di Manado, Rabu.

Manakala ruas tol Danowudu-Bitung ini sudah operasionalkan, kata dia, maka akan mengurai kemacetan yang terjadi ruas jalan arteri saat nataru.

"Pemprov Sulut akan mengeluarkan edaran, bahwa tanggal 23 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung, tidak berbayar," katanya.

Selain itu, pemprov juga akan mengeluarkan edaran bagi kendaraan dengan tonasi berat seperti kontainer dapat memanfaatkan ruas tol ini, gratis.

"Jadi kendaraan kontainer yang dari Bitung menuju Manado dan Airmadidi harus lewat jalan tol, tidak ada tarif. Jadi kita akan bekerja sama dengan polda dan perhububungan akan keluarkan edaran tersebut," katanya.

Bendahara Umum PDIP itu berharap ketika ruas tol ini sudah bisa dioperasionalkan, selain mengurai kemacetan maka akan meminimalisasi kecelakaan saat nataru.

Gubernur bersama forkopimda, Pemerintah Kota Bitung, instansi terkait meninjau ruas tol seksi IIB Danowudu-Bitung yang hampir selesai 100 persen.

Bila seksi IIB ini sudah selesai dibangun, maka tol terpanjang di Sulawesi ini akan beroperasi penuh sepanjang 39,9 kilometer (seksi IA, IB dan IIA telah dioperasikan sebelumnya).

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024