Sangihe, Sulut (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes E Gaghana meminta kepada semua kapitalaung (kepala desa) dan lurah di daerah itu agar  jangan bosan mengajak warga untuk divaksin COVID-19.

"Minta kepada semua lurah dan kapitalaung agar jangan bosan mengajak warga masyarakat untuk divaksin," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Sabtu.

Menurut Bupati, peranan kepala desa dan lurah sangat menentukan peningkatan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah masing-masing sehingga sangat berpengaruh terhadap realisasi target secara umun di Kabupaten Sangihe.

"Kami sangat mengapresiasi kinerja kepala desa dan lurah yang vaksinasi COVID-19 di wilayah kerjanya sudah berhasil mencapai angka 80 persen," kata Bupati.

Namun demikian, kata dia, masih ada beberapa kampung dan kelurahan yang perlu dipacu agar realisasi vaksinasi bisa mencapai target.

"Kampung Dalokaweng di Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara dan Kelurahan Tona Dua Kecamatan Tahuna Timur sudah mendekati angka 100 persen vaksinasi dosis satu," kata Bupati.

Bupati berharap, kelurahan dan kampung lainnya terus bergerak untuk mengajak warga masyarakat agar bersedia divaksin dosis satu dan dua.

"Harapan kami, semua wilayah kampung dan kelurahan di Kabupaten Sangihe mencapai target 70 bahkan 80 persen vaksinasi COVID-19 sebelum perayaan natal 2021," kata Bupati.

Data sampai dengan Sabtu 4 Desember 2021, warga yang divaksin dosis satu sebanyak 64.237 orang atau 56,53 persen dari target 113.631 orang.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024