Manado (Antara Sulut) - Pemerintah Kota Manado mengikuti olahraga gateball, di lapangan sparta Tikala, Jumat pagi. 
     "Ini merupakan olahraga yang dikenalkan oleh yang diperkenalkan oleh Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi)," kata Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan.
     Menurut Mangindaan, gateball adalah suatu jenis olah raga beregu yang berasal dari Jepang, yang dimainkan oleh 5 orang dalam satu regu, dan dimungkinkan dimainkan secara perorangan, berdua atau bertiga. 
     Menurut Mangindaan, ini merupakan perpaduan antara golf dan biliar, bolanya berwarna merah dan putih memiliki besar seperti bola biliar. 
     Stik pemukul bolanya terbuat dari besi berbentuk huruf T menyerupai stik golf, dimainkan oleh semua lapisan masyarakat dan semua golongan usia mulai dari anak-anak sampai usia lanjut, baik pria maupun wanita. 
    Ia mengatakan olahraga ini dimainkan dalam lapangan mini berukuran 15 x 20 meter, memiliki 3 gawang/pintu yang terbuat dari besi dengan ukuran 20×20 cm, dan terdapat 1 tiang lurus antara dua gawang dengan nama Gate Pool (GP) untuk mengakiri permainan. 
    Olahraga ini diperkenalkan pertama kali oleh bangsa Jepang sangat besar manfaatnya bagi kesehatan jasmani dan rohani seperti menjunjung tinggi sportivitas, melatih kedisiplinan, kesabaran, ketabahan, ketekunan dan melatih kerja sama dengan sesama anggota tim. 
    Di Indonesia sendiri telah terbentuk pengurus Pergatsi (Persatuan Gateball seluruh Indonesia) yang di ketuai oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024