Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menggelar pelatihan pengelolaan keuangan digital kepada 100 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah itu. 

Bupati Aceh Barat Ramli MS, Senin mengatakan pelatihan ini penting untuk menguatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Barat, agar dapat meningkatkan penguasaan digital dalam berwirausaha.

"Saya berharap pelaku UMKM agar dapat enumbuhkan pertumbuhan ekonomi daerah bisa lebih ditingkatkan lagi," tutur Ramli MS.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominsa) Kabupaten Aceh Barat bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Aceh Barat.

Ramli MS mengatakan, pemerintah daerah siap memberi dukungan untuk mensukseskan perdagangan digital tersebut, dengan membangun infrastruktur digital yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga ke kabupaten

Menurutnya, hal tersebut sangat penting guna memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui media sosial ataupun e-commerce yang akan menjangkau calon konsumen di seluruh wilayah Indonesia.

Di zaman teknologi 4.0 ini, kata dia, UMKM dimungkinkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya didaerah saja namun jangkauannya bisa mencapai skala Nasional bahkan Internasional.

Untuk itu, dengan penguasaan teknologi digital yang baik, UMKM di Aceh Barat dapat melakukan ekspansi produknya secara global.

Disamping itu, Ramli MS juga mengingatkan kepada pengguna teknologi digital agar tetap waspada terhadap berbagai tindak kejahatan digital (cyber crime), yang dapat merugikan para pelaku UMKM itu sendiri seperti penipuan dan tindakan ilegal lainnya.

Ia berharap pelatihan ini bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM guna mendorong pertumbuhan usaha digital di Kabupaten Aceh Barat ini harapnya

Selain itu, Ramli MS juga mengajak seluruh generasi muda, agar berani menjadi pelaku UMKM yang kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya melalui teknologi digital, sehingga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing serta kemajuan ekonomi masyarakat Aceh Barat.

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024