Sangihe, Sulut (ANTARA) - Seluruh anggota Kodim 1301/Sangihe mengikuti tes Samapta periodik semester ll tahun 2021 guna melatih fisik prajurit, dilaksanakan di Lapangan Gesit Tahuna Kelurahan Sawang Bendar dan halaman Makodim di Kecamatan Tahuna.

"Kegiatan tes Samapta ini untuk mengukur serta meningkatkan kemampuan fisik dari setiap prajurit yang ada di jajaran Kodim Sangihe," kata Kepala Staf Kodim 1301/Sangihe Mayor Inf Rasmul Tamalawe, di Tahuna, Kamis.

Kegiatan Samapta di awali dari pemeriksaan tahap awal, seperti tensi darah, pengecekan denyut nadi, dan peregangan. Ini dilakukan untuk mendukung kelancaran dan keamanan dalam pelaksanaan kegiatan Samapta tersebut.

Menurut Mayor Inf Rasmul Tamalawe, pelaksanaan kegiatan ini adalah salah satu program dari komando atas yang harus di laksanakan oleh semua prajurit.

Selain sebagai tolok ukur kemampuan fisik untuk menunjang kesiapsiagaan satuan, tes Samapta ini juga sebagai sarana untuk menjaga kebugaran jasmani demi tercapainya pelaksanaan tuntutan tugas ke depan secara maksimal.

" Pelaksanaan kegiatan periodik ini dibagi menjadi dua gelombang, yang pertama dilaksanakan pada hari Kamis dan pelaksanaan gelombang kedua akan dilaksanakan hari Jumat dimaksudkan agar pelaksanaan maksimal," kata dia.

Tim Jasmani Korem 131/Santiago, Serma Salmon yang hadir dalam pelaksanaan tes Samapta mengatakan, dalam pelaksanaan Samapta periodik semester ll ini agar benar-benar memperhatikan faktor keamanan serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan Samapta ini harus tetap mematuhi protokol kesehatan diantaranya menjaga jarak satu sama lain, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan aman dan lancar," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024