Bitung, (Antara Sulut) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Syarief Cicip Sutardjo mengatakan, pembangunan kawasan minapolitan bertujuan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Menjadi tangungjawab pemerintah pusat melakukan pemantauan langsung  kelapangan agar dapat mengetahui perkembangannya dan apabila terdapat kekurangan akan segera diperbaiki,"kata Sutardjo saat memantau kawasan minapolitan Bitung, Rabu.

Menurutnya, yang menjadi perhatian khusus, adalah masalah fasilitas di bidang perikanan.

"Pemerintah pusat akan membantu berbagai kebutuhan di dunia perikanan di Kota Bitung, untuk mendorong kawasan ekonomi khusus yang akan ditetapkan pemerintah pusat, Mei mendatang", jelasSutardjo.
 
Menurut Sutardjo,pemerintah pusat menaruh perhatian serius terhadap kota Bitung sehingga akan ditetapkan menjadi daerah ungulan bidang perikanan di Indonesia.

Kunjungan Menteri Perikanan tersebut di Kota Bitung itu, disambut Wakil Walikota Bitung, Maximilian J Lomban, Sekretaris daerah, Edison Humiang bersama segenap jajaran Pemerintah Kota Bitung.

Sutardjo bersama rombongan selanjutnya berkesempatan mengunjungi Akademi Perikanan Bitung (APB) untuk melihat dari dekat kegiatan para taruna, sekaligus meresmikan pembangunan gedung teknologi perikanan serta penggunaan pangkalan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan Bitung yang merupakan pangkalan pengawasan Indonesia timur membawahi sembilan provinsi dikawasan Naemundung Kelurahan Aertembaga dua, Bitung.

Wakil Walikota Bitung, Maximilian J Lomban berharap kunjungan tersebut akan memacu percepatan pengembangan kawasan minapolitan dan kawasan ekonomi khusus.
      
"Hasil inipun diharapkan akan membawa manfaat dan mendongkrat perekonomian di kota Bitung," harap Lomban.
(guntur/@antarasulutcom)

Pewarta : Melky Tumiwa
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024