Tomohon (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota(Sekdakot) Tomohon, Sulawesi Utara(Sulut) Edwin Roring mengatakan pemerintah kota  melakukan berbagai inisiatif untuk mendorong penguatan dan modernisasi koperasi.

"Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian di tengah pandemi COVID-19. Dimana pertumbuhan ekonomi nasional sedang mengalami tantangan yang cukup serius, angka kemiskinan, pengangguran meningkat," ujar Sekdakot Edwin di Tomohon. 

Pemkot Tomohon menggelar pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia koperasi angkatan pertama. 

"Dunia usaha, terutama koperasi dan UMKM mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan," katanya. 

Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian, menurut dia, tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis.

Dia menambahkan, menindak lanjuti arahan Menteri Koperasi dan UKM RI pada acara peringatan Hari Koperasi ke-74 Tahun 2021 mengusung tema “Mari kita wujudkan koperasi modern, untung bareng koperasi.” 

Karena itu ada sejumlah inisiatif yang dilakukan yang sedang dilakukan untuk penguatan dan modernisasi koperasi.

Di antaranya, melakukan perbaikan ekosistem kemudahan usaha yang memungkinkan koperasi bisa mengakses pasar yang lebih luas, pembiayaan serta mengembangkan kapasitas usaha seluas-luasnya. 

Koperasi harus masuk ke sektor-sektor ekonomi unggulan nasional, yaitu pangan, komoditi maritim, pariwisata dan industri pengolahan. 

Koperasi juga harus masuk  pada sektor ekonomi kreatif, dimana anak-anak muda saat ini banyak terlibat dalam sektor tersebut. 

"Koperasi yang saat ini sudah aktif, baik itu koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi jasa, koperasi simpan pinjam dan sejenisnya harus berada pada kesatuan ekosistem yang terintegrasi satu sama lain," jelasnya.***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024