Manado, (Antara Sulut) - Konsul Jenderal (Konjen) Filipina di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Jose Burgos, melakukan kunjungan kehormatan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, di kantor Wali Kota Manado, Senin (9/1).

"Ini merupakan kunjungan kerja pertama kali yang dilakukan oleh Konjen Filipina baru di Manado, karena baru menggantikan Noel Servigon di Manado," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut di Manado, Senin.

Lumentut mengatakan kehadiran Burgos ke Pemkot Manado ini selain untuk memperkenalkan diri, juga untuk membahas sejumlah hal penting yang berkaitan dengan semua kerjasama antara Pemkot Manado dan Filipina yang selama ini sudah terjalin.

Menurut Lumentut, Burgos mengatakan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, Manado termasuk kota yang indah karena bersih dan menyenangkan sehingga patut dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan berbagai acara berkelas internasional.

"Dalam pertemuan itu, Wali Kota Lumentut dan Konjen Jose Burgos juga sempat menggagas mengenai pertandingan persahabatan yang akan digelar Pemkot Manado dan semua warga Filipina yang berdomisili di kota ini," kata Lumentut.

Juru Bicara Pemkot Manado, Jeffrey Talumepa, mengatakan selain membahas mengenai hubungan kota Manado dan Filipina, Jose Burgos dan Wali Kota juga membicarakan semua hal yang berhubungan dengan kerjasama yang sudah terjalin selama ini.

Talumepa mengatakan salah satu hal yang cukup serius dibicarakan kedua pemimpin ini adalah mengenai sister city Davao-Manado yang selama ini membuat hubungan Manado dan Filipina lancar.

"Kedepan pemerintah berharap kerjasama ini akan terus ditingkatkan sehingga banyak keuntungan yang bisa didapatkan kedua negara dari kerjasama ini, dan diharapkan akan membawa dampak yang baik kepada keduanya," kata Talumepa.

Selain sister city penerbangan langsung antara Manado-Davao yang sempat terhenti sementara waktu, juga diharapkan akan kembali beroperasi, sehingga melancarkan hubungan antara Manado dan Filipina.

Pertemuan Pemkot Manado dan Konjen Filipina ini diakhiri dengan foto bersama dan saling bertukar cindra mata.  (@antara_manado).

Pewarta : Joice Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024