Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kasus COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, terus berkurang bahkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 setempat, saat ini sudah tidak ada lagi kasus positif termasuk pasien yang menjalani isolasi.

"Saat ini sudah tidak ada lagi kasus COVID-19 termasuk yang menjalani isolasi," kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sangihe, Jopy Thungari di Tahuna, Sangihe, Kamis.

Menurut dia, semua tempat isolasi saat ini sudah dalam keadaan kosong termasuk ruang perawatan COVID-19 di dua rumah sakit.

"Ruang perawatan COVID-19 di rumah sakit Liung kendage dan Liun Paduli saat ini sudah kosong," kata dia.

Sampai saat ini, kata dia, total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sangihe sebanyak 1.134 orang dan yang sembuh sejumlah 1.095 pasien atau 96,56 persen. Sedangkan yang meninggal dunia 39 orang atau 3,44 persen.

Menurut dia, di Kabupaten Sangihe saat ini masih ada dua kampung yang dinyatakan zona kuning atau risiko rendah sekalipun sudah tidak ada lagi kasus COVID-19.

"Saat ini Kelurahan Pananekeng Kecamatan Tahuna Barat dan Kampung Bahu Kecamatan Tabukan Utara masih dinyatakan zona kuning atau risiko rendah sekalipun sudah tidak ada kasus," kata dia.

Sedangkan wilayah lainnya sudah berada di zona hijau atau tidak ada penambahan kasus baru selama empat minggu terakhir.

Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui Satuan Tugas penanganan COVID-19 meminta semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran COVID-19 di Sangihe bisa berakhir.

"Kami menghimbau semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sangihe," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024