Manado (ANTARA) - Bupati Jember Hendy Siswanto menargetkan Kabupaten Jember, Jawa Timur sebagai sentra penghasil ikan dengan mendukung dan memfasilitasi aktivitas pembudidayaan ikan air tawar di wilayah setempat.

"Saya mempunyai mimpi besar menjadikan Jember sebagai sentra penghasil ikan terbesar nasional dengan membentuk kampung ikan dengan volume 1500 rumah pembudidaya ikan per satu kampungnya," katanya dalam rilis yang diterima ANTARA di Jember, Senin.

Bupati Jember telah meresmikan kampung ikan gurami di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari pada Sabtu (18/9) karena di wilayah tersebut merupakan salah satu desa yang memiliki ratusan pembudidaya ikan gurami.

"Itu bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Jember, sehingga ilmunya tentang budidaya ikan gurami bisa ditularkan ke warga desa lainnya," tuturnya.

Hendy menyatakan kesiapannya mendukung dan memfasilitasi bagi kemajuan aktivitas pembudidayaan ikan air tawar di Desa Tegalwangi karena pihaknya mempunyai mimpi besar menjadikan Jember sebagai sentra penghasil ikan terbesar nasional dengan membentuk kampung ikan di setiap desa.

"Memang niat kami salah satunya menjadikan Jember sebagai sentra penghasil ikan, ikan sebagai sumber protein baik, sehingga dengan masyarakat Jember gemar makan ikan maka tidak ada lagi kekurangan gizi, stunting tidak ada lagi," katanya.

Ia juga berharap Pemerintah Desa Tegalwangi menggarap potensi desa wisata dengan didukung pengembangan budidaya ikan gurami, sehingga bisa menjadi wisata edukasi budidaya ikan gurami yang bisa diketahui masyarakat luas.

Sementara Kepala Desa Tegalwangi Andi Budi W. mengatakan ratusan warga melakukan budidaya ikan gurami, mulai dari indukan, petelur, pembesaran hingga pemasaran dan wisata kuliner yang sudah dijalankan beberapa tahun.

"Kami berharap Kampung Gurami itu terus berkembang menjadi wisata kuliner yang dikenal masyarakat luas, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," ujarnya.

Pemkab Jember juga menargetkan beberapa bulan ke depan bisa membangun kampung ikan di sejumlah desa, sehingga Hendy optimistis dengan langkah itu akan terbentuk kemandirian ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Jember.
 

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024